Hargailah Cara Pandang Orang Lain, Karena Mungkin Kamu Benar, Tapi Orang Lain Juga Tidak Salah

Allah SWT memberikan pikiran, akal dan cara pandang manusia yang berbeda, bukan untuk saling berdebat, apalagi menjudge yang benar dan yang salah. Karena meskipun berbeda dalam bercara pandang dan berpikir akan suatu perkara, Namun asalkan tidak melenceng dari akidahnya, dari normanya, maka apapun yang dipikirkan adalah benar. Sehingga sangat penting bagi kita sebagai hamba Allah SWT untuk belajar menghargai pendapat dan cara pandang orang lain. Karena apa yang menurut benar dan baik belum tentu benar dan baik di mata orang lain. Dan belum tentu juga meskipun kita merasa benar, orang lain juga salah. Ingatlah bahwa gajah tetap seekor gajah meskipun orang buta melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Kebenaran Yang Hakiki Sejatinya Adalah Milik Allah. Kita Tak Berhak Menjudge Salah Atau Benar

Sungguh pengetahuan yang kita miliki sangatlah terbatas. kita layaknya orang buta, yang sedang meraba meraba kehidupan. Kita menilai sesuatu, sebagaimana apa yang kita rasakan dan kita raba. begitupun dengan orang lain, mereka pun menilai sesuatu sesuai dengan apa yang mereka rasakan dan dia raba dalam hidup. Sehingga kita tak bisa menjugde seseorang itu benar atau salah. Asalkan dia melakukan sesuatu dengan baik dan diterima dalam norma dan masyarakat. InsyaAllah meskipun cara pandangnya berbeda, dia bukan orang yang salah. Apalagi secara hakikir kebenaran hanya milik Allah dan Allah lah yang tahu masalah benar atau salah.

Akal Pikiran Dan Kecerdasan, Bukan DiGunakan Untuk Memperdebatkan Hingga Menimbulkan Perselisihan. Semuanya Allah Berikan Untuk Menunjukkan KebesaranNya 

Ingatlah Jangan pernah merasa sombong, kita hanya seorang makhluk kecil di bumi Allah SWT yang begitu luas. pengetahuan yang kita milikipun tak secuilpun dari besarnya kekuasaan Allah SWT. Sungguh jika memang kita merasa lebih baik atau lebih benar, dari hamba yang lain, hanya karena pengetahuan kita yang terbatas sama saja kita sedang menyombongkan diri. Apalagi jika akal pikiran yang seharusnya digunakan untuk memikirkan kebesaran dan kekuasaan Allah, kita gunakan untuk memperdebatkan masalah yang sesungguhnya tak benar benar kita pahami, hingga menimbulkan perselisihan dan hilangnya perdamaian.

Kita Harus Sadar Bahwa Allah SWT Menciptakan Kehidupan, Latar Belakang, Pemikiran Yang Pasti Berbeda Pada Hamba Hambanya. Bukan Untuk Mencari Tahu Siapa Yang Benar Ataupun Yang Salah. Tapi Untuk Menciptakan Perbedaan Yang Indah 

Kita tak bisa untuk meminta apalagi memaksa orang lain mengikuti cara pandang kita, namun kita dapat menunjukkan kebenaran dan kebaikan yang kita jalani, sehingga otomatis orang tersebut mengerti dan menerima cara berpikir kita masing masing. Karena Allah SWT menciptakan kehidupan masing masing dari setiap hambaNya. kita harusnya lebih banyak bersyukur, bahwa kehidupan yang kita jalani adalah kehidupan yang baik dan indah. Ingatlah meskipun berbeda, asalkan bisa menyatukan kepala dalam musyawarah dan mengutamakan perdamaian, maka perbedaan pendapat pun akan menjadi indah.

Apalagi Saat Kita Menghina Orang Lain, Karena Cara Pandangnya Yang Berbeda, Sungguh Kita Sama Saja Sedang Menghina Diri Sendiri 

Inilah kenapa kita harus belajar menghargai pendapat orang lain, karena jika kita sampai menghina orang lain dan cara pandangnya. Sungguh sama saja, kita sedang menghina diri kita sendiri, dan memperlihatkan betapa banyaknya ketidak tahuan yang kita miliki. Allah SWT pun sudah mengingatkan dalam firmanNya, bahwa kita tak berhak menghina kaum yang lain dan merasa benar atas kebenaran yang kita miliki.

Karena Bagaimanapun Cara Pandang Orang Berpikir, Asalkan Menghasilkan Sesuatu Yang Lebih Baik dan Untuk Kepentingan Manusia, Juga Umat Beragama. Dan Mengutamakan Perdamaian, Maka Mereka Tetaplah Benar. 

Sebenarnya yang terpenting bukan perbedaan pendapat ataupun cara pandang itu, tapi tujuan yang dimilikinya dan hasil yang diperoleh. Meskipun cara pandang seseorang pasti berbeda, asalkan tujuannya adalah baik, untuk kepentingan banyak orang, dan dilakukan dengan cara yang baik pula. InsyaAllah apa yang dilakukannya ada benar dan pasti mendapatkan ridho Allah SWT. berbeda, dengan orang orang yang menggunakan perbedaan cara pandang untuk membuat kericuhan dan pertengkaran. Jadi belajarlah untuk menghargai orang lain dan pendapatnya, karena mungkin apa yang kamu pikirkan memang benar, tapi yang dipikirkan orang lainpun tidak salah, hanya caranya yang berbeda.