Diam Adalah Emas, Saat Kamu Memang Tak Benar Benar Tahu, Dan Tak Ingin Membuat Masalah Baru

Saat menghadapi suatu masalah dalam hidup, atau mungkin menghadapi seseorang, sebagai hamba Allah SWT mari lebih merendahkan diri dan memasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Apalagi jika masalah itu menyangkut masalah orang lain, akan lebih baik jika kita jangan menjadi sok tau, karena nantinya tidak hanya akan membuat kita malu, tapi juga bisa menyakiti hati orang lain, yang akan menimbulkan masalah baru. Belajarlah untuk diam dan lebih sabar. Karena mengungkap masalah kepada orang lain apalagi media sosial tidak akan memberikan solusi. Mintalah pentunjuk pada Allah dan jangan suka ikut campur pada masalah orang lain.

Diam Adalah Emas, Agar Tidak Menimbulkan Kesombongan Diri. Ingat DiAtas Langit Masih Ada Langit

Jadilah padi yang semakin berisi semakin menunduk, karena pasti sehebat atau setahu apapun kita, masih ada yang lebih hebat dan lebih tahu. Apalagi dalam pergaulan, kita pasti menemukan banyak orang baru setiap hari, sehingga sikap rendah diri dan lebih banyak diam, dapat menghindarkan kita dari sikap sombong yang akan menghancurkan diri kita sendiri. Lebih baik diam, daripada orang lain menilai kita sombong karena secuil pengetahuan yang belum tentu benar.

Diam Adalah Emas, Saat Kita Tak Sengaja Mengetahui Masalah Orang Lain, Lebih Baik Jangan Sok Tau, Apalagi Malah Mengompori

Saat tak sengaja dalam pergaulan, kita mengetahui masalah orang lain, maka langkah terbaik yang kita lakukan adalah diam, apalagi jika itu adalah masalah teman sendiri. Bukannya malah, mengompori atau berkata tidak tidak, padahal kita tak benar benar tahu, kita harusnya lebih banyak diam dan mencoba mencairkan suasana, dengan mengatakan hal lainnya yang sekiranya menyenangkan dan menenangkan hati. Diamlah agar tidak sampai mulut mengatakan aib orang lain atau diri sendiri.

Diam Adalah Emas, Saat Terjadi Perdebatan, Lebih Baik Mengalah, Daripada Muncul Masalah Baru. Dan Baru DiRundingkan Dengan Baik

Saat kamu sedang bertengkar dengan siapapun, entah pasangan maupun orang lain. Usahakan untuk tidak menggunakan emosi dalam mengatasi masalah tersebut. Jika memang diperlukan lebih baik mengalahlah. karena mengalah tak selalu yang salah, tapi membuktikan bahwa kamu mempunyai jiwa yang besar. Barulah setalah keadaan membaik, kamu mencoba membicarakannya pelan pelan kembali. Daripada perdebatan diisi dengan percecokan yang hanya akan menimbulkan masalah baru yang lebih fatal.

Diam Adalah Emas, Karena Mulut Tak Bertulang Bisa Menyakiti Orang Lain Tanpa Sengaja, Dan Apapun Yang Keluar Dari Mulutmu Adalah Nilai Dirimu

Saat kamu suka menghina orang lain, merendahkan orang lain, baik serius ataupun berupa candaan, tanpa sengaja kamu bisa menyakiti hati orang lain. Apalagi perkataan adalah sesuatu yang tidak mudah untuk terkontrol. Sehingga segala ucapan yang keluar dari mulut kita harus selalu dijaga, karena dirimu sebenarnya dinilai dari ucapanmu oleh orang lain. Dan memang saat kamu dalam keadaan tidak bisa berkata baik-misal marah-maka lebih baik perbanyak diam. Daripada tidak sengaja kamu menyakiti hati orang lain.

Diam Adalah Emas, Jangan Sok Tahu, Daripada Kamu Malu, Jangan Berkata Sembarangan, Daripada Muncul Masalah Baru

Mulut itu tak bertulang sehingga terkadang tanpa kita sadari keluar perkataan yang seharusnya tidak kita ucapkan. Jika bertemu masalah, apalagi masalah orang lain, lebih baik jangan sok tahu. Dan dimanapun lebih baik jangan berkata apapun yang sembarangan, karena bisa jadi malah menimbulkan masalah. Lebih baik banyak belajar diam, dalam menghadapi situasi apapun. Jika memang ada yang perlu dikomunikasikan, maka gunakan bahasa yang baik, sehingga tidak sampai menyakiti orang lain.