Background Ucapan Selamat Lebaran

Asal Usul Ucapan Selamat Lebaran

Pengertian Ucapan Selamat Lebaran

Ucapan Selamat Lebaran adalah ungkapan kebahagiaan dan harapan baik yang diucapkan oleh umat Muslim kepada sesama umat Muslim saat merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Ucapan Selamat Lebaran menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Umat Muslim di seluruh tanah air dengan sukacita dan kebersamaan menyambut tiba nya Hari Kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Saat Lebaran tiba, seluruh umat Muslim berbondong-bondong untuk saling menyampaikan ucapan Selamat Lebaran kepada keluarga, teman, dan kerabat mereka.

Dalam ucapan Selamat Lebaran, terdapat ungkapan kebahagiaan yang berasal dari hati serta harapan baik untuk keselamatan dan keberkahan. Ungkapan ucapan Selamat Lebaran ini tidak hanya sekadar formalitas, tetapi juga merupakan bentuk kasih sayang dan persaudaraan yang tulus antar sesama umat Muslim.

Ucapan Selamat Lebaran memiliki beragam bentuk yang dapat disampaikan dalam berbagai macam cara. Salah satu ucapan yang sering digunakan adalah “Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Ucapan ini mengandung arti bahwa selain merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa, umat Muslim juga mengajak untuk saling memaafkan dan menyucikan hati dari segala kesalahan dalam berinteraksi dengan sesama selama setahun terakhir.

Terdapat juga ucapan Selamat Lebaran yang lebih singkat seperti “Lebaran ini, semoga berkah dan semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya”. Ucapan ini mengandung arti bahwa di Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim berharap agar keberkahan dan kebaikan selalu mengikuti setiap langkah yang diambil dalam menjalani kehidupan.

Ucapan Selamat Lebaran juga merupakan kesempatan untuk saling mengingatkan akan pentingnya menjaga silaturahmi dan keharmonisan antar sesama. Dalam setiap ucapan Selamat Lebaran, umat Muslim diajak untuk tetap menjaga hubungan dengan tetangga, saudara, maupun kerabat yang mungkin selama setahun ini jarang bertemu. Momen Lebaran menjadi saat yang tepat untuk mempererat tali persaudaraan dan menguatkan hubungan antar sesama umat Muslim.

Tidak hanya itu, ucapan Selamat Lebaran juga sering disertai dengan memberikan maaf dan memaafkan antar sesama. Momen ini merupakan kesempatan yang baik untuk berdamai dengan orang-orang yang sudah pernah menyakiti hati kita atau sebaliknya. Bertepatan dengan saat Hari Kemenangan ini, saling memaafkan adalah tindakan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Ucapan Selamat Lebaran tidak hanya dapat disampaikan secara langsung, tetapi juga melalui pesan singkat, sosial media, atau kartu ucapan. Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, umat Muslim dapat menggunakan berbagai media komunikasi untuk menyampaikan ucapan Selamat Lebaran kepada semua orang yang mereka kenal.

Secara keseluruhan, ucapan Selamat Lebaran merupakan wujud kasih sayang, kebahagiaan, harapan baik, memaafkan, serta menjaga persaudaraan antar sesama umat Muslim. Ucapan ini menjadi sarana untuk saling mengingatkan akan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan semua orang di sekitar kita, serta menyebarkan kebahagiaan dan kedamaian dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ucapan Selamat Lebaran, dengan segala harapannya, dapat menguatkan persatuan dan kesatuan umat Muslim dalam merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.?

Tujuan Ucapan Selamat Lebaran

Ucapan Selamat Lebaran tidak hanya sekadar ungkapan formal yang diucapkan sebagian besar umat Muslim di hari yang fitri tersebut. Lebih dari itu, tujuan dari ucapan ini adalah untuk menyampaikan rasa syukur, merajut kerukunan, dan menyebarkan kebahagiaan kepada semua orang. Selain itu, ucapan Selamat Lebaran juga memiliki peran penting dalam menjalin tali silaturahmi antar sesama umat Muslim.

Ucapan Selamat Lebaran mengandung makna yang dalam, yaitu ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya. Dalam bulan Ramadan, umat Muslim menjalani ibadah puasa sebagai bentuk pengendalian diri dan meningkatkan kesadaran spiritual. Setelah menjalani bulan yang penuh dengan pengorbanan dan ibadah tersebut, umat Muslim merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat tiba hari raya Idul Fitri.

Ucapan Selamat Lebaran juga berperan dalam memperkuat kerukunan umat beragama. Dalam suasana Lebaran, umat Muslim berbagi kebahagiaan dengan keluarga, teman, dan tetangga. Ucapan Selamat Lebaran menjadi sarana untuk menyambungkan tali persaudaraan dan mempererat hubungan antar sesama umat Muslim, serta dengan kelompok agama lainnya. Ucapan Selamat Lebaran menjadi salah satu ungkapan solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.

Tidak hanya itu, ucapan Selamat Lebaran juga memiliki fungsi penting dalam menjalin tali silaturahmi. Dalam Islam, menjaga dan memperkuat hubungan sosial di antara sesama umat Muslim merupakan hal yang sangat dianjurkan. Ucapan Selamat Lebaran menjadi sarana untuk menghubungkan sanak saudara yang mungkin berjauhan atau jarang berjumpa. Dengan ucapan ini, umat Muslim dapat saling berbagi kegembiraan dan mempererat ikatan persaudaraan.

Ucapan Selamat Lebaran juga menjadi bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap umat Muslim yang telah menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Dalam bulan Ramadan, umat Muslim melewati hari-hari yang penuh cobaan dan godaan, baik fisik maupun emosional. Ucapan Selamat Lebaran menjadi apresiasi atas segala upaya dan pengorbanan yang telah dilakukan selama satu bulan penuh.

Dalam kehidupan sehari-hari, ucapan Selamat Lebaran sangat umum dan sering digunakan sebagai bentuk salam dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Ucapan ini diucapkan tidak hanya kepada keluarga atau teman dekat, tetapi juga kepada siapa pun yang ditemui pada hari Lebaran. Ucapan Selamat Lebaran menjadi ungkapan kegembiraan dan memberikan semangat positif kepada semua orang yang mendengarnya.

Bagi umat Muslim, ucapan Selamat Lebaran bukan sekadar kata-kata, melainkan mengandung makna yang mendalam. Ucapan ini merupakan wujud rasa syukur, cinta kasih, dan kepedulian terhadap sesama. Sebagai umat Muslim, melalui ucapan Selamat Lebaran kita dapat menunjukkan rasa hormat kepada Allah SWT dan memperkuat persaudaraan di antara sesama umat Muslim serta dengan kelompok agama lainnya.

Jadi, apakah Anda telah menyampaikan ucapan Selamat Lebaran kepada keluarga, teman, dan tetangga Anda? Bagikan kebahagiaan dan kebersamaan dalam merayakan hari kemenangan ini!

Konteks dan Kesempatan Mengucapkan Selamat Lebaran

Ucapan Selamat Lebaran merupakan ungkapan yang umumnya diucapkan saat bertemu secara langsung, melalui pesan teks, obrolan telepon, atau media sosial. Ucapan ini menjadi salah satu tradisi yang meriah dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Saat Lebaran tiba, kita memiliki banyak kesempatan untuk mengucapkan Selamat Lebaran kepada keluarga, teman, kerabat, atau siapa pun yang kita kenal sebagai sesama umat Muslim.

Selamat Lebaran adalah ungkapan yang digunakan untuk menyampaikan harapan baik dan doa bagi kebahagiaan serta kesuksesan dalam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Ucapan ini juga mengandung makna bahwa kita berharap saling maaf-memaafkan dan mempererat tali silaturahmi setelah menjalani bulan Ramadan yang penuh rasa suka cita dan penuh pengorbanan.

Saat bertemu secara langsung menjadi kesempatan yang paling utama untuk mengucapkan Selamat Lebaran. Meskipun terkadang jarak memisahkan, banyak orang yang merencanakan untuk pulang kampung atau mengadakan reuni keluarga pada saat Lebaran. Ketika kita berkumpul dengan keluarga besar, kerabat, dan teman-teman, kita bisa saling berjabat tangan, memeluk, dan mengucapkan Selamat Lebaran secara langsung. Momen ini menjadi momen yang paling spesial karena seluruh keluarga berkumpul bersama dalam kebahagiaan Idul Fitri.

Selain secara langsung, kita juga bisa mengucapkan Selamat Lebaran melalui pesan teks atau obrolan telepon. Teknologi telah memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, terlebih lagi saat menjelang Lebaran. Dengan pesan teks atau obrolan telepon, kita dapat mengirimkan ungkapan Selamat Lebaran kepada mereka yang berada jauh dari kita secara fisik. Meskipun tidak bertemu langsung, ungkapan ini tetap mampu membawa keceriaan dan kebahagiaan kepada semua penerima pesan.

Tidak hanya melalui pesan teks dan obrolan telepon, kita juga dapat menggunakan media sosial untuk mengucapkan Selamat Lebaran. Di era digital ini, media sosial menjadi platform yang sangat populer untuk berbagi kebahagiaan dan menjalin silaturahmi dengan orang-orang terdekat. Melalui Facebook, Instagram, Twitter, atau platform media sosial lainnya, kita dapat mengunggah ucapan Selamat Lebaran yang dapat dilihat oleh semua teman, keluarga, dan kenalan kita. Hal ini memberikan kesempatan bagi kita untuk mengirimkan Selamat Lebaran secara luas dan menyampaikan pesan kebahagiaan kepada semua orang yang kita kenal.

Dalam mengucapkan Selamat Lebaran, kita biasanya tidak hanya ditujukan kepada keluarga, tetapi juga kepada teman, kerabat, atau siapa pun yang kita kenal sebagai sesama umat Muslim. Ucapan Selamat Lebaran di Indonesia menjadi simbol toleransi dan harmoni antarumat beragama, tidak hanya diucapkan oleh umat Muslim, tetapi juga diterima dengan tulus oleh umat non-Muslim. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan semua orang di sekitar kita, karena Lebaran adalah momen yang universal untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan agama.

Jadi, mari kita manfaatkan konteks dan kesempatan yang ada untuk mengucapkan Selamat Lebaran kepada orang-orang terdekat kita. Dengan ungkapan sederhana ini, kita dapat menyebarkan kebahagiaan, kedamaian, dan kasih sayang di hari yang penuh berkah ini. Selamat Lebaran!?

Budaya Mengucapkan Selamat Lebaran di Indonesia

Di Indonesia, mengucapkan Selamat Lebaran menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi yang dijalankan dengan penuh kegembiraan dan keramahan. Selain itu, sering kali tradisi ini juga diwarnai dengan saling bermaafan dan memberikan ampunan kepada sesama.

Budaya mengucapkan Selamat Lebaran di Indonesia memiliki makna yang lebih dalam. Selain merupakan ungkapan kebahagiaan atas selesainya ibadah puasa selama sebulan penuh, ucapan ini juga mencerminkan semangat untuk saling memaafkan dan mempererat hubungan sosial di antara masyarakat Indonesia.

Tradisi mengucapkan Selamat Lebaran ini biasanya dimulai dari awal bulan Ramadhan, di mana masyarakat Indonesia mulai menggunakan frase seperti “Selamat menjalankan ibadah puasa” atau “Selamat berpuasa” untuk menyambut bulan suci tersebut. Kemudian, ketika bulan Ramadhan berakhir, frase “Selamat Idul Fitri” atau “Selamat Lebaran” digunakan untuk menyambut hari kemenangan umat Muslim.

Ucapan Selamat Lebaran ini tak hanya merupakan kata-kata biasa, tetapi memiliki makna yang mendalam karena mencerminkan rasa saling pengertian, pengampunan, dan perdamaian dalam bingkai hubungan sosial. Melalui ucapan tersebut, masyarakat Indonesia berharap untuk memperbaiki hubungan yang sempat retak atau terganggu selama ini.

Selain mengucapkan Selamat Lebaran secara lisan, masyarakat Indonesia juga seringkali mengirimkan ucapan tersebut melalui pesan teks, media sosial, atau kartu ucapan. Dalam pesan-pesan tersebut, masyarakat Indonesia mengekspresikan kerinduan untuk berkumpul dan merayakan hari raya bersama keluarga, saudara, dan teman-teman terdekat.

Tidak hanya itu, tradisi saling bermaafan dan memberikan ampunan juga menjadi unsur penting dalam budaya mengucapkan Selamat Lebaran di Indonesia. Pada hari Lebaran, keluarga dan anggota masyarakat saling memohon maaf kepada orang yang pernah disakiti atau yang pernah berbuat salah. Hal ini dilakukan sebagai wujud gotong royong dan semangat persaudaraan di tengah keramaian perayaan Lebaran.

Mengucapkan Selamat Lebaran dan memaafkan adalah tindakan yang dihayati oleh masyarakat Indonesia sebagai sarana untuk mempererat hubungan sosial. Meskipun tidak selalu mudah untuk meminta maaf dan memberikan ampunan, tradisi ini mengajarkan pentingnya menyambut dan menjalin kembali hubungan dengan tulus.

Dalam budaya mengucapkan Selamat Lebaran, rasa gembira dan harapan kebaikan untuk masa depan menjadi komponen penting. Ucapan Selamat Lebaran juga menjadi momen yang diharapkan dapat melahirkan optimisme dan semangat baru dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jadi, apakah Anda juga merayakan Lebaran dengan tradisi mengucapkan Selamat Lebaran di Indonesia? Bagaimana ucapan Selamat Lebaran memberikan semangat dan harapan kebaikan dalam kehidupan Anda?

Berbagai Variasi Ucapan Selamat Lebaran

Terdapat banyak variasi dalam ucapan Selamat Lebaran yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyampaikan rasa saling menghargai dan mengasihi di hari raya Idul Fitri. Beberapa ucapan yang umum digunakan antara lain adalah “Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin”, “Taqabbalallahu minna wa minkum”, atau “Mohon maaf lahir dan batin, semoga kita selalu diberkahi”. Variasi tersebut adalah cerminan dari kekayaan budaya Indonesia dalam menyampaikan salam serta memberikan maaf kepada sesama.

Ucapan “Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin” merupakan ucapan yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia saat merayakan Idul Fitri. Ungkapan ini mengandung arti bahwa seseorang ingin memberikan ucapan Selamat Idul Fitri kepada orang lain sekaligus meminta maaf atas segala kesalahan yang telah dilakukan baik secara fisik maupun emosional. Melalui ucapan ini, diharapkan hubungan antar individu bisa tetap harmonis dan berlandaskan saling maaf-memaafkan.

Ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum” adalah ungkapan yang berasal dari bahasa Arab yang sering digunakan dalam ucapan Selamat Lebaran di Indonesia. Ungkapan ini secara harfiah berarti “Semoga Allah menerima amalan kita”. Melalui ungkapan ini, umat Muslim mengharapkan agar perbuatan baik yang telah dilaksanakan selama bulan Ramadan diterima oleh Allah SWT. Selain itu, ucapan ini juga dapat diartikan sebagai harapan agar segala amal ibadah yang telah dilakukan mendapatkan pahala dan keberkahan dari-Nya.

Ucapan “Mohon maaf lahir dan batin, semoga kita selalu diberkahi” adalah ucapan yang mengandung harapan agar semua orang dapat memaafkan kesalahan sesama serta mendapatkan berkah dan keberuntungan di hari yang suci ini. Melalui ucapan ini, ungkapan permintaan maaf diucapkan tidak hanya untuk hal-hal yang terlihat secara fisik, tetapi juga untuk kesalahan-kesalahan yang tersembunyi di dalam hati. Dengan saling memaafkan dan memberikan ucapan Selamat Lebaran, diharapkan hubungan antar individu dapat terjalin dengan lebih baik.

Bagi masyarakat Indonesia, variasi ucapan Selamat Lebaran ini merepresentasikan kekayaan budaya dalam menyampaikan rasa saling menghargai dan saling mengasihi. Meskipun menggunakan bahasa yang berbeda, tetapi makna yang ingin disampaikan adalah serupa, yaitu saling memohon maaf, mengucapkan Selamat Idul Fitri, dan memberikan doa serta harapan agar semua umat Muslim diberkahi oleh Allah SWT. Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, ucapan Selamat Lebaran menjadi simbol dari persatuan dan kebersamaan di antara masyarakat Indonesia.

Etika dan Cara Mengucapkan Selamat Lebaran yang Baik

Mengucapkan Selamat Lebaran bukan hanya sekedar perkataan, tetapi juga sebuah ungkapan dari hati yang tulus, ikhlas, dan penuh kebersamaan. Ketika mengucapkan selamat kepada orang-orang terdekat maupun kepada orang yang belum kita kenal dengan baik, ada beberapa etika dan cara yang perlu diperhatikan agar ucapan kita terasa lebih bermakna dan bernilai.

Pertama-tama, adalah penting untuk memperhatikan konteks dan hubungan dengan orang yang akan diucapkan. Apabila seseorang memiliki keturunan yang berbeda, seperti keturunan Tionghoa atau India, lebih baik kita mencari informasi mengenai selamat Lebaran khusus yang sesuai dengan tradisi mereka. Dalam hal ini, kita perlu menghargai perbedaan budaya dan agama dengan mencoba memahami tradisi mereka sehingga dapat mengucapkan selamat yang sesuai dengan konteksnya.

Selain itu, senyuman dan sikap ramah dalam mengucapkan Selamat Lebaran juga memiliki peranan penting. Ketika bertemu dengan orang yang akan kita ucapkan, kita sebaiknya memberikan senyuman yang tulus dan sikap ramah yang dapat menggambarkan kerukunan dan saling menghargai antar individu. Dengan senyuman dan sikap ramah ini, ucapan Selamat Lebaran kita akan terasa lebih hangat dan mampu meningkatkan ikatan sosial antara kita dan orang lain.

Saat mengucapkan Selamat Lebaran, kita juga dapat menggunakan kata-kata yang lebih beragam dan bervariasi agar ucapan kita terdengar lebih indah dan berkesan. Misalnya, selain mengucapkan “Selamat Lebaran”, kita juga dapat menggunakan ungkapan seperti “Mohon maaf lahir dan batin” atau “Semoga silaturahmi kita terus terjaga” untuk menambah kekayaan kata dan nilai dalam ucapan kita.

Selanjutnya, jaga komunikasi non-verbal saat mengucapkan Selamat Lebaran. Hal ini berarti kita harus menjaga postur tubuh agar terlihat santai dan sopan serta memperhatikan raut wajah agar terlihat ceria dan tidak menakutkan. Hal-hal seperti ini akan memberikan kesan positif kepada orang yang menerima ucapan kita.

Jangan lupa untuk memberikan ucapan Selamat Lebaran di waktu yang tepat. Biasanya, ucapan Selamat Lebaran yang paling tepat diberikan adalah saat kita bertemu dengan orang yang hendak kita ucapkan Lebaran. Selain itu, ucapan ini juga dapat diberikan melalui pesan teks, telepon, atau media sosial jika kita tidak dapat bertemu langsung dengan orang tersebut.

Sebagai penutup, mengucapkan Selamat Lebaran sebaiknya dilakukan dengan tulus, ikhlas, dan penuh kebersamaan. Penting untuk memperhatikan konteks dan hubungan dengan orang yang akan diucapkan, serta dengan senyuman dan sikap ramah yang menggambarkan kerukunan dan saling menghargai. Dengan mengikuti etika dan cara yang baik, ucapan Selamat Lebaran kita akan terasa lebih bernilai dan mampu mempererat hubungan sosial antara kita dan orang lain. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki cara tersendiri dalam mengucapkan Selamat Lebaran yang baik?

Ucapan Selamat Lebaran yang Bermakna

Ucapan Selamat Lebaran tidak hanya sekadar kata-kata yang diucapkan dengan alasan formalitas atau kebiasaan semata. Ucapan ini memiliki makna yang dalam dan penting dalam menyampaikan rasa syukur, kebahagiaan, kerukunan, dan harapan baik kepada sesama umat Muslim saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dalam konteks budaya dan tradisi Indonesia, ucapan Selamat Lebaran menjadi sarana yang mampu memperkuat tali silaturahmi dan memupuk kebaikan antar sesama.

Syukur adalah salah satu nilai yang diwujudkan dalam ucapan Selamat Lebaran. Melalui ucapan ini, kita bisa menyampaikan ungkapan terima kasih atas keberkahan yang diberikan pada saat-saat suci ini. Ucapan Selamat Lebaran juga menjadi ajang bagi umat Muslim untuk bersyukur atas rahmat dan karunia yang Allah SWT berikan selama menjalankan ibadah puasa dan menjalani bulan Ramadan. Ucapan ini menjadi relevan karena sangat mencerminkan spirit keagamaan yang kuat dalam masyarakat Indonesia.

Kebahagiaan adalah elemen lain yang melekat dalam ucapan Selamat Lebaran. Ucapan ini menjadi sarana untuk saling memberikan kebahagiaan dan sukacita kepada sesama umat Muslim. Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu setelah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Dengan ucapan Selamat Lebaran, kita dapat berbagi kegembiraan atas tercapainya tujuan berpuasa dan juga merayakan kemenangan spiritual yang dirasakan oleh umat Muslim. Ucapan ini menjadi wujud kebersamaan dan kegembiraan yang dapat mempererat hubungan antar sesama.

Kerukunan adalah konsep yang senantiasa terwujud dalam ucapan Selamat Lebaran. Dalam momen ini, berbagai perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia dapat diredam oleh ucapan-ucapan yang penuh kebaikan dan kasih sayang. Ucapan Selamat Lebaran menjadi sticket toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Melalui ucapan-ucapan ini, kita dapat menggugah kesadaran akan betapa pentingnya hidup berdampingan dengan damai dan harmonis, seiring dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar negara kita.

Harapan baik adalah elemen terakhir yang diperkaya dalam ucapan Selamat Lebaran. Saat merayakan Idul Fitri, ucapan Selamat Lebaran juga dipenuhi dengan doa dan harapan baik untuk kemajuan dan kedamaian seluruh umat Muslim. Melalui ucapan ini, kita menyampaikan pesan optimisme dan keyakinan bahwa masa depan akan lebih baik. Ucapan Selamat Lebaran juga menjadi peluang untuk merenungkan diri dan menumbuhkan semangat baru dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta memberi dukungan moral kepada orang-orang di sekitar kita.

Kesimpulannya, ucapan Selamat Lebaran memiliki peran besar dan tak tergantikan dalam mempererat hubungan antar sesama umat Muslim. Ucapan ini tidak hanya sekadar frase yang diucapkan dengan cepat dan tanpa makna, tetapi memiliki keterikatan emosional dan spiritual yang mendalam bagi umat Muslim. Melalui ucapan Selamat Lebaran, kita dapat menyampaikan banyak pesan dan makna, termasuk rasa syukur, kebahagiaan, kerukunan, dan harapan baik. Mari kita jaga dan lestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam ucapan Selamat Lebaran sebagai bagian dari budaya dan tradisi Indonesia, serta sebagai bentuk wujud kebaikan dan kasih sayang antar sesama umat Muslim.